Cara Membatalkan Registrasi Kartu AXIS yang Tidak Digunakan

Sejak dikeluarkannya peraturan yang mewajibkan setiap pengguna layanan kartu telekomunikasi prabayar di Indonesia untuk mendaftar menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK), masyarakat mau tidak mau harus mengikuti prosedur tersebut. Regulasi ini bukan tanpa alasan, melainkan semata-mata untuk memperjelas identitas pengguna kartu prabayar.

Tujuan lainnya adalah untuk mempersempit ruang gerak para penjahat yang biasanya menggunakan nomor satu kali. Tentunya aturan ini memberikan keuntungan tersendiri bagi provider provider khususnya dalam melacak penyalahguna nomor.

Tidak hanya registrasi, pengguna jasa telekomunikasi juga perlu menghapus data yang telah didaftarkan, jika memutuskan untuk tidak menggunakan nomor yang sebelumnya digunakan. Tujuannya juga jelas, agar data identitas yang dilampirkan pada nomor lama tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Setiap operator telekomunikasi telah mengumumkan metode mereka sendiri untuk menonaktifkan nomor prabayar mereka, sebelum beralih ke nomor baru, termasuk penyedia AXIS. Anda dapat menggunakan tiga cara untuk menghapus data NIK dan Nomor KK pada nomor lama Anda. Berikut cara Unregister Kartu AXIS yang sudah tidak digunakan.

  1. Cara Unregister Kartu AXIS Menggunakan Dial
  2. Menggunakan Dial
    Sumber gambar: Freepik

Cara ini sangat mudah dilakukan, karena Anda tidak harus memiliki kredit untuk melakukannya. Caranya sama seperti saat Anda melakukan panggilan keluar. Cukup tekan 1234444# lalu tekan tombol panggil. Setelah itu, Anda akan mendapatkan tampilan pop-up yang menampilkan nomor Anda, lengkap dengan data identitas Anda berupa NIK dan Nomor Kartu Keluarga yang telah Anda daftarkan. Selanjutnya, Anda harus menyetujui pembatalan penghapusan data. Selesai.

Sebelum melakukan panggilan, pastikan Anda benar-benar menekan 1234444# menggunakan nomor seluler yang datanya ingin Anda hapus. Setelah berhasil dihapus, Anda tidak akan bisa lagi melakukan aktivitas panggilan dan SMS di ponsel Anda. Hal ini dikarenakan nomor Anda sudah tidak bisa digunakan lagi, karena data NIK dan Nomor Kartu Keluarga Anda sudah tidak terdaftar lagi di nomor tersebut.

Baca juga:

MAXstream Telkomsel, Aplikasi Nonton Film dan Serial TV Favorit
VideoMax Telkomsel, Paket Internet Tepat untuk Streaming Film
  1. Cara Unregister Kartu AXIS melalui SMS
  2. Melalui SMS
    Sumber gambar: Freepik

Jika Anda gagal menghapus data identitas Anda dengan cara pertama, Anda bisa menggunakan cara kedua. Cara ini tidak memerlukan pulsa, jadi Anda tidak perlu khawatir tidak bisa melakukannya jika tidak memiliki pulsa.

Caranya sangat mudah, hampir sama dengan proses registrasi yaitu mengirim SMS ke 4444, dengan format UNREG (hashmark) untuk nomor hp kamu. Contoh: UNREG#083812345678. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga Anda mendapatkan SMS balasan berupa notifikasi yang memberitahukan bahwa NIK dan Nomor Kartu Keluarga Anda telah berhasil dihapus. Pastikan juga Anda menggunakan nomor ponsel yang datanya ingin Anda hapus.

Artikel terkait:

Paket AXIS, Internetan Lebih Nyaman dan Puas
3 Cara Mudah Cek Pulsa Axis untuk Pengguna Baru
Cara Daftar Kartu Axis Mudah, Tidak Rumit!
  1. Cara Unregister Kartu AXIS dengan Datang ke Outlet
  2. Datang ke outlet
    Sumber gambar: Freepik

Jika Anda gagal membatalkan pendaftaran dengan dua cara di atas, Anda bisa langsung datang ke outlet terdekat. Karena AXIS sudah menjadi bagian dari XL, kamu bisa mengunjungi XL Center terdekat. Petugas Layanan Pelanggan akan membantu Anda membatalkan pendaftaran. Jangan lupa untuk membawa KTP dan Kartu Keluarga agar proses penghapusan data berjalan dengan lancar.
Periksa kembali
Periksa kembali
Sumber gambar: Freepik

Jika Anda sudah melakukan proses pembatalan pendaftaran, Anda tetap harus mengecek untuk memastikan nomor Anda sudah tidak terhubung lagi dengan NIK dan Nomor KK Anda.

Anda dapat memeriksa status nomor ponsel Anda dengan menghubungi 1234444#. Kemudian, Anda akan melihat tampilan pop-up dengan informasi lanjutan. Jika layar tidak menampilkan Nomor NIK dan Nomor KK, berarti Anda telah berhasil menghapus data Anda. Tetapi jika NIK dan Nomor KK masih tercantum, Anda perlu mengulangi proses pembatalan pendaftaran.

Setelah mengetahui cara unregister kartu axis dan berhasil membatalkan registrasi, tentunya kamu akan menggunakan nomor baru untuk kebutuhan hp kamu. Jangan lupa isi pulsa dan beli paket internet di ShopBack. Anda bisa memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak hanya itu saja, kamu akan mendapatkan cashback yang tentunya membuat kamu lebih hemat dalam pembelanjaan kuota dan pembelian pulsa.

Ppdbponorogo.id
Bmkgbandung.id