MitraDhifaSejahtera_ Merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa kontraktor Umum dan Jasa renovasi rumah, membuat rumah dari titik awal sampai dengan kepengurusan Izin Mendirikan Bangunan Rumah, pada kesempatan kali ini Kami akan memberikan Informasi terkait Beton bertulang.

Saat ini kami ber operasi di sebagian besar kota besar di seluruh Indonesia dan memiliki cakupan geografis terbaik dari salah satu perusahaan kontraktor di Indonesia.
Kami dapat mengakomodasi proyek yang membutuhkan jasa tukang profesional dan mandiri .
Sejak berdirinya perusahaan kami, kesuksesan kami terus membuat inovasi luar biasa yang diperoleh melalui berbagai keahlian dan sumber daya antara staf lokal.

beton bertulang

Pekerjaan Beton Bertulang

 

Kenapa memerlukan beton bertulang?

Atau, kenapa besi tulangan juga memerlukan beton ? Dua pertanyaan tersebut merupakan awal penjabaran dari bagian pekerjaan beton bertulang.

Beton adalah komponen buatan dari gabungan material alam yang diaduk dengan komposisi tertentu untuk mendapatkan kekuatan tekanan yang diinginkan.

Material alam sebagai campuran dari beton adalah pasir, koral atau split, semen dan air.Agar diperoleh kekuatan tertentu atau kecepatan dalam pengeringannya.

Biasanya beton dicampur dengan zat adiktif atau bahan kimi pembantu (chemical admixture). Untuk pekerjaan jenis beton tertentu, juga digunakan jenis semen tertentu.

Sementara untuk pekerjaan biasa, semen Portland (PC). Ini disebabkan ada jemis semen yang tahan terhadap garam, alkali, atau panas yang tinggi.

Di dalam pekerjaan pembangunan di Indonesia, semua pekerjaan beton harus sesuai dengan beberapa referensi, di antaranya ialah :

  • Peraturan Beton Bertulang Indonesia (PBI NI 2 1971).
  • Peraturan Pembebanan Indonesia untuk gedung 1983.
  • American Society of Testing and Materials (ASTM).
  • Standard Industri Indonesia (SII).
  • Standar Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung (SKNI T 15 1991 03).
  • Pedoman Perencanaan Beton Bertulang dan Struktur Dinding Bertulang Untuk Rumah dan Gedung (SKBI 2362-1986).

Biasanya yang dilakukan masyarakat dalam membuat komposisi campuran beton adalah 1 : 2 : 3. Artinya, beton tersebut merupakan campuran dari 1 bagian semen, 2 bagian pasir, 3 bagian koral yang diaduk dengan air.

Namun, komposisi campuran ini tentu saja tanpa pengujian lebih lanjut mengenai kekuatan karakteristiknya atau kekentalannya. Dari uraian tersebut menjelaskan bahwa beton merupakan komponen bangunan yang berfungsi untuk tekan.

Bila beban di atasnya lebih besar maka beton bertulang akan melentur saat dipasang sebagai balok horizontal dan akan tertekuk saat dipasang sebagai kolom vertical.

Lenturan dan tekukan yang diterima oleh beton tentu tidak dapat ditahan karena beton bersifat kaku dan tidak elastis sehingga diperlukan pemasangan besi beton.

beton bertulang pada bangunan rumah tinggal berfungsi sebagai penyalur beban beton yang ada dibawahnya.

ada tiga jenis pekerjaan beton bertulang yang poko pada suatu bangunan sederhana yaitu : pekerjaan sloof, kolom, dan ring balok.

beton juga digunakan pada jenis pekerjaan beton lainya yang bukan untuk setiap pekerjaan rumah, diantaranya beton tumpuan pondasi, kantilever atau konsul, plat, tngga,balok dan sebagainya.

beton juga memeliki ciri khas utama yang biasa dikenal dengan karakter atau mutu.

Baca Juga : beton cor readymix